Sunday, 15 February 2015

Makalah media dan teknologi pembelajaran

KATA PENGANTAR

Puji syukur ke hadirat ALLAH SWT. yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga makalah “Media & Teknologi Pendidikan” yaitu tentang  Media Pembelajaran Berbasis ICT dapat  terselesaikan sebagaimana mestinya. Shalawat serta salam tidak lupa kita haturkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, atas bimbingan Beliau sehingga kita dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah.
Ucapan  terimakasih kepada dosen pengampu DR. Manpan Drajat M.Ag mata kuliah media & teknologi yang telah memberikan kami kesempatan untuk membuat makalah ini sebagai pedoman, acuan, dan sumber belajar.
Penyusun menyadari bahwa masih terdapat banyak kesalahan baik dari segi bahasa, tulisan, maupun kalimat yang kurang tepat dalam makalah  ini, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan makalah berikutnya.



                                                                        Purwakarta 23 Septmber  2013







DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR  ...........................................................................................i                        
DAFTAR ISI...........................................................................................................ii
BAB I  PENDAHULUAN  
1.1 Latar Belakang Masalah.........................................................................1
1.2 Rumusan Masalah..................................................................................2
1.3 Tujuan Penulis........................................................................................2
BAB II  PEMBAHASAN
2.1 ICT & Media Pembelajaran...................................................................3
2.2 Perkembangan ICT dalam  Media Pembelajaran...................................4
2.3 Penggunaan ICT dalam  Pembelajaran PAI...........................................5
BAB III  PENUTUP
3.1 Kesimpulan ...........................................................................................8
3.2 Saran.......................................................................................................8
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................iii
           





BAB I
PENDAHULUAN

1.1          Latar Belakang Masalah
Perkembangan Information and Communication Technology (ICT) atau  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam beberapa dekade terakhir berjalan sangat cepat sejalan dengan perkembangan teknologi telekomunikasi, termasuk jaringan komputer. Berbagai teknologi dan aplikasi pendukung juga telah dikembangkan sebagai upaya untuk mendukung dan mempermudah aktivitas kehidupan manusia dan organisasi, termasuk kegiatan belajar mengajar dalam dunia pendidikan. Dalam menyikapi perkembangan dan kemajuan ICT tersebut, para dosen dan guru dituntut untuk menguasai teknologi (ICT) agar dapat mengembangkan materi-materi pembelajaran berbasis ICT dan memanfaatkan ICT sebagai media pembelajaran. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan dan kesempatan yang lebih luas kepada pebelajar dalam belajar.
Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Harus diakui, proses pembelajaran yang didesain oleh guru saat ini masih mengebiri potensi siswa didik, yang menyebabkan proses pembelajaran pun tak jarang berlangsung monoton dan membosankan. Yang lebih memprihatinkan, masih muncul opini di kalangan sebagian besar guru bahwa pembelajaran dikatakan berhasil apabila suasana kelas berlangsung diam alias bisu dan siswa patuh dengan komando. ICT bisa dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan pembelajaran apabila para guru yang berdiri di garda depan dalam dunia pendidikan kita tidak “gaptek.” Minimal, mereka bisa mengoperasikannya sehingga siswa didik bisa “menikmati” media pembelajaran dengan segenap emosi dan pikirannya. Sebuah kesia-siaan apabila sekolah “dimanja” dengan berbagai piranti teknologi mutakhir, tetapi mereka tak sanggup memanfaatkannya secara maksimal. Sebagai “agen perubahan dan peradaban” dunia pendidikan tampaknya memang harus sudah mulai mengakrabi ICT.
Untuk menciptakan atmosfer baru dalam dunia pembelajaran di sekolah, harus ada upaya serius untuk memberdayakan guru agar mereka tidak “gaptek” lagi dalam memanfaatkan ICT untuk kepentingan pembelajaran. Jika tidak ada upaya serius dan intensif, disadari atau tidak, pemanfaatan ICT dalam pembelajaran hanya akan terapung-apung dalam bentangan slogan dan retorika belaka.[1]

1.2 Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang yang telah dipaparkan di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :

1.      Apa yang di maksud ICT & Media Pembelajaran?
2.      Bagaimana Perkembangan ICT dalam  Media Pembelajaran?
3.      Bagaimana Penggunaan ICT dalam  Pembelajaran PAI?

1.3 Tujuan Penulis
1. Memahami apa itu ICT & media pembelajaran
2. Mengetahui bagaimana perkembangan ICT dalam media pembelajaran
3. Mengetahui bagaimana penggunaan ICT dalam pembelajaran PAI





BAB II
PEMBAHASAN

2.1 ICT & Media Pembelajaran
a. pengertian  ICT (Information and Communication Technology )
Teknologi komputer dapat berfungsi sebagai teknologi informasi maupun sebagai teknologi komunikasi. Seorang guru dalam konteks ini sejatinya menguasai teknologi informasi dan komunikasi. Istilah Information and Communication Technology (ICT) dalam bahasa Indonesia diterjemahkan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Istilah TIK dalam hal ini bukan hanya TIK sebagai Mata Pelajaran, melainkan sebagai segala hal yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi komputer dalam kegiatan pembelajaran. Dalam konteks ini, TIK sebagai information and communication technology based learning dan multimedia learning.

Secara akademis, pengertian teknologi informasi dapat dibedakan dengan teknologi komunikasi, meskipun pada prakteknya teknologi informasi dan komunikasi ibarat dua sisi mata uang. Teknologi informasi memiliki pengertian luas yang meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, pengunaan komputer sebagai alat bantu, manipulasi dan pengolahan informasi. Sementara teknologi komunikasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat satu ke perangkat yang lainnya. Dalam konteks pembelajaran, ICT meliputi segala hal yang berkaitan dengan pemanfaatan komputer untuk mengolah informasi dan sebagai alat bantu pembelajaran serta sebagai sumber informasi bagi guru dan siswa.[2]

b. pengertian media
pengertian media kata media berasal bahasa latin medius yang secara harfiah berarti’ tengah,’ perantara’atau pengantar. Dalam bahasa Arab, media adalah perantara( wa saa il) atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Gerlach & Ely (1971)





No comments: