KATA PENGANTAR
Puji syukur ke hadirat ALLAH SWT. yang telah
melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga makalah “Media & Teknologi
Pendidikan” yaitu tentang Media
Pembelajaran Berbasis ICT dapat terselesaikan
sebagaimana mestinya. Shalawat serta salam tidak lupa kita haturkan kepada Nabi
Besar Muhammad SAW, atas bimbingan Beliau sehingga kita dapat membedakan mana
yang benar dan mana yang salah.
Ucapan terimakasih kepada dosen pengampu DR. Manpan
Drajat M.Ag mata kuliah media & teknologi yang telah memberikan kami
kesempatan untuk membuat makalah ini sebagai pedoman, acuan, dan sumber
belajar.
Penyusun menyadari bahwa masih terdapat banyak
kesalahan baik dari segi bahasa, tulisan, maupun kalimat yang kurang tepat
dalam makalah ini, oleh karena itu, kritik
dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca sangat diharapkan demi
kesempurnaan makalah berikutnya.
Purwakarta
23 Septmber 2013
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR
...........................................................................................i
DAFTAR ISI...........................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah.........................................................................1
1.2 Rumusan Masalah..................................................................................2
1.3 Tujuan Penulis........................................................................................2
BAB
II PEMBAHASAN
2.1 ICT & Media
Pembelajaran...................................................................3
2.2 Perkembangan ICT dalam
Media Pembelajaran...................................4
2.3
Penggunaan ICT dalam Pembelajaran
PAI...........................................5
BAB
III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
...........................................................................................8
3.2 Saran.......................................................................................................8
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................iii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Masalah
Perkembangan Information and Communication Technology (ICT)
atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam beberapa dekade
terakhir berjalan sangat cepat sejalan dengan perkembangan teknologi
telekomunikasi, termasuk jaringan komputer. Berbagai teknologi dan aplikasi
pendukung juga telah dikembangkan sebagai upaya untuk mendukung dan mempermudah
aktivitas kehidupan manusia dan organisasi, termasuk kegiatan belajar mengajar
dalam dunia pendidikan. Dalam menyikapi perkembangan dan kemajuan ICT tersebut,
para dosen dan guru dituntut untuk menguasai teknologi (ICT) agar dapat
mengembangkan materi-materi pembelajaran berbasis ICT dan memanfaatkan ICT
sebagai media pembelajaran. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan dan
kesempatan yang lebih luas kepada pebelajar dalam belajar.
Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara
interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik
serta psikologis peserta didik. Harus diakui, proses pembelajaran yang didesain
oleh guru saat ini masih mengebiri potensi siswa didik, yang menyebabkan proses
pembelajaran pun tak jarang berlangsung monoton dan membosankan. Yang lebih
memprihatinkan, masih muncul opini di kalangan sebagian besar guru bahwa
pembelajaran dikatakan berhasil apabila suasana kelas berlangsung diam alias
bisu dan siswa patuh dengan komando. ICT bisa dimanfaatkan secara optimal untuk
kepentingan pembelajaran apabila para guru yang berdiri di garda depan dalam
dunia pendidikan kita tidak “gaptek.” Minimal, mereka bisa mengoperasikannya
sehingga siswa didik bisa “menikmati” media pembelajaran dengan segenap emosi
dan pikirannya. Sebuah kesia-siaan apabila sekolah “dimanja” dengan berbagai
piranti teknologi mutakhir, tetapi mereka tak sanggup memanfaatkannya secara
maksimal. Sebagai “agen perubahan dan peradaban” dunia pendidikan tampaknya memang
harus sudah mulai mengakrabi ICT.
Untuk menciptakan atmosfer baru dalam dunia pembelajaran di sekolah, harus
ada upaya serius untuk memberdayakan guru agar mereka tidak “gaptek” lagi dalam
memanfaatkan ICT untuk kepentingan pembelajaran. Jika tidak ada upaya serius
dan intensif, disadari atau tidak, pemanfaatan ICT dalam pembelajaran hanya
akan terapung-apung dalam bentangan slogan dan retorika belaka.[1]
1.2 Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang yang telah dipaparkan di atas,
maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
1.
Apa yang di
maksud ICT & Media Pembelajaran?
2.
Bagaimana Perkembangan
ICT dalam Media Pembelajaran?
3.
Bagaimana
Penggunaan ICT dalam Pembelajaran PAI?
1.3
Tujuan Penulis
1. Memahami apa itu ICT
& media pembelajaran
2. Mengetahui bagaimana
perkembangan ICT dalam media pembelajaran
3. Mengetahui bagaimana
penggunaan ICT dalam pembelajaran PAI
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
ICT & Media Pembelajaran
a. pengertian ICT (Information and
Communication Technology )
Teknologi komputer dapat berfungsi sebagai
teknologi informasi maupun sebagai teknologi komunikasi. Seorang guru dalam
konteks ini sejatinya menguasai teknologi informasi dan komunikasi. Istilah Information and Communication
Technology (ICT) dalam
bahasa Indonesia diterjemahkan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Istilah TIK dalam hal ini bukan hanya TIK sebagai Mata Pelajaran, melainkan
sebagai segala hal yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi komputer dalam
kegiatan pembelajaran. Dalam konteks ini, TIK sebagai information and communication
technology based learning dan multimedia learning.
Secara akademis, pengertian teknologi informasi dapat dibedakan dengan teknologi komunikasi, meskipun pada prakteknya teknologi informasi dan komunikasi ibarat dua sisi mata uang. Teknologi informasi memiliki pengertian luas yang meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, pengunaan komputer sebagai alat bantu, manipulasi dan pengolahan informasi. Sementara teknologi komunikasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat satu ke perangkat yang lainnya. Dalam konteks pembelajaran, ICT meliputi segala hal yang berkaitan dengan pemanfaatan komputer untuk mengolah informasi dan sebagai alat bantu pembelajaran serta sebagai sumber informasi bagi guru dan siswa.[2]
b.
pengertian media
pengertian
media kata media berasal bahasa latin medius yang secara harfiah berarti’
tengah,’ perantara’atau pengantar. Dalam bahasa Arab, media adalah perantara( wa saa il)
atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Gerlach & Ely
(1971)
No comments:
Post a Comment